Senin, 12 November 2012

Gerakan Pelestarian Alam Yusuf Mansur



Malam ini matikan lampu sejam saja. Biasakah kita dengan seruan seperti itu itu? Yup , memang sudah seharusnya kita mulai sadar untuk menjaga lingkungan. Bisa bayangin nggak gimana seandainya es di kutub mencair, suhu lautan meningkat, kekeringan berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, belum lagi banjir besar-besaran dan gelombang badai hebat? Sepertinya, hal-hal mengerikan dalam film-film Hollywood bakal terjadi dalam dunia nyata. 

Mengerikan...Eits, jangan ketakutan duluan. Hal mengerikan itu bisa terjadi jika kita tidak menberupaya berbarengan untuk mencegah perubahan iklim. 


Perubahan iklim disebabkan penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas bumi yang terus menerus. Misalnya pemborosan premium, listrik, penggunaan baterai, atau sepertinya ini nih yang paling sering kita lakukan: Buang sampah sembarangan.

Sadar nggak , kalau selama bertahun-tahun kita terus menerus melepaskan karbondioksida ke atmosfer dengan menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil. Rupanya, sikap kita itu dapat meningkatkan suhu iklim dunia yang akhirnya memicu perubahan iklim. Perubahan yang tidak dapat diprediksi seperti itu juga mematikan. 

Padahal, yang akan terkena dampak paling besar dari perubahan iklim adalah negara pesisir pantai, negara kepulauan, dan wilayah negara berkembang seperti Asia Tenggara. Indonesia pastinya termasuk dong , ya. So , jangan ditunda-tunda lagi deh . Mulai dari sekarang kita bersikap ramah lingkungan dan hemat energi. 

Allah SWT Berfirman :

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). ( Ar Rum : 41 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentar anda..